Friday, 24 November 2023

Beyond the Books Chapter 5 : "Agenda Setting" bersama Ibu Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom

3 Purnama telah terlewat, siang malam berganti, dari Pandemi yang sudah berakhir, hingga genosida yang terjadi, dan kini PILPRES yang menanti.

Menariknya ada 1 kejadian yang sama diantara kejadian tersebut.

ada yang tau ga warga??

"AGENDA SETTING" 


nah ini nihhhh. apapun kasusnya pasti akan ada Agenda Setting dalam setiap pemberitaan


apa sih Agenda Setting? 

Mengutip dari PDF Ibu Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom, selaku dosen pengampu mata kuliah Hukum dan Media Pers, Agenda Setting  adalah menciptakan public awareness (kesadaran masyarakat) dengan menekankan sebuah isu yang dianggap paling penting untuk dilihat, didengar, dibaca, dan dipercaya di media massa.


Kata kunci nya meningkatkan Awareness, dengan menekankan isu agar dipercaya oleh khalayak penonton atau penerima informasi


Bisa ga sih di atur informasinya apa aja??

ya bisa namanya aja Agendda Setting, jadi memang isi berita, bagaimana berita tersebut disampaikan telah diatur agar dipercaya.


misalnya nih, dulu waktu awal pandemi ada salah satu kepala daerah yang menginformasikan lebih dulu dari pemerintah pusat namun setelah itu di tangkis oleh pemerintah pusat, malah ada yang mengatakan Indonesia kuat, Imun nya pada hebat, bisa dilawan dengan tiktok, berdoa saja cukup nyatanya?? Hingga Minggu, 07 Mei 2023, kematian karena Covid-19 per 1 juta penduduk akibat virus corona Covid-19 di Indonesia sebanyak 578 orang. Dengan jumlah tersebut, dari angka yang terbesar ke angka terkecil, Worldometer menempatkan Indonesia di urutan ke-25 di Asia. Urutan ini masih bertahan di posisi yang sama dalam sepekan terakhir.


dan pada saat pandemi apa yang pemerintah pusat lakukan??

kampanye dimana-mana pentingnya menggunakan masker, pentingnya vaksin, dan di kanal berita pun hampir setiap jam pasti ada berita tentang covid mulai dari terdeksi hingga penanganan bahkan angka kematian selalu tampil.


trus fungsinya apa sih?

setidaknya ada 3 nih kalau kita mengutip dari PDF Ibu Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom 

1. Agenda media melalui penonjolan isu-isu tertentu melalui berita. 

2. Agenda publik, yaitu opini atau sikap masyarakat terhadap suatu isu. 

3. Agenda kebijakan sebagai bentuk respon sikap pemerintah atas berkembangnya suatu isu. 


tapi ga cuma buat berita lohhh, kalau kalian punya usaha contoh nih skincare yang rame banget merk nya sekarang kalau kita bisa berhasil membuat agenda setting menjadi bahan pembicaraan publik pastinya angka penjualan naik nih, tapi perlu juga diiringi dengan kualitasnya yah, karena kalau penjualan naik tapi review dari pengguna jelek agenda setting yang kita sudah design malah bisa jadi menyerang kita balik karena kualitasnya yang ga bsia menyamai agenda setting yang udah dibuat.


Trus kalau kita mau buat Agenda Setting kira2 bisa ga sih yah? wahhh ini belum tentu nih gaes, ada faktor keberuntungan menjadi FYP dan viral dulu kalau mau buat, tapi kalau mau yang pasti bisa siapa sih?

Politikus, Seleb, PR atau humas profesional intinya memang tokoh itu sudah dikenal banyak orang dan pemberitaannya berulang biar nempel.


jadi kalau kita tetiba mau buat yaaaa siapa lah kita hanya warga biasa yang pakai LPG subsidi ga masuk itungan gaess.

Yaap segitu dulu hasil share hari ini yaah gaes jadi memang barusan banget dapet ilmu baru lagi dan yaaa yang kita temuin banget setiap hari tiap nonton berita pasti ada aja agenda setting.

See youu when i see you wargaaaa, salam hangat dari jakarta yang hujannya masih moody.



Sumber : Materi pembelajaran Hukum dan Media Pers sesi 9 "Agenda Setting" Ibu Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom

 

 

No comments:

Post a Comment

Komunikasi Organisasi 10 : Kampus Bukan Cuma Kuliah: Ada Dosen, Serikat, dan Cerita!

Halo teman-teman pembelajar komunikasi organisasi, Apa iya kampus itu cuma tempat belajar dan ujian? Padahal di balik aktivitas akademik, a...